Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas Individu Mata Kuliah Belajar
dan Pembelajaran
OLEH:
Endang Sulistyorini
NIM.
A1C311013
DOSEN:
Drs.
Rasimin, M.Pd
Program
Studi Pendidikan Fisika
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Jambi
2012
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SMA
Kelas/ Semester : XII (Dua belas)/ Semester II
Mata Pelajaran : Fisika
Alokasi Waktu : 8 Jam
Pelajaran
Standar
Kompetensi:
Mengaplikasikan sifat-sifat
radiasi benda hitam dan menganalisa berbagai besaran fisis pada gejala kuantum
dan batas-batas berlaku relativitas Einstien dalam paradigma fisika modern.
Kompetensi
Dasar:
Menganalisis secara
kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda
hitam serta penerapannya.
Indikator:
1.
Mendeskripsikan
radiasi benda hitam dalam diskusi kelas.
2.
Mendeskripsikan hipotesa
Planck.
3.
Menerapkan
perilaku radiasi benda hitam untuk mengukur suatu benda ( misalkan suhu
matahari dan suhu bintang )
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Menganalisis dan
menginterpretasikan data empiris dari radiasi benda hitam.
2.
Memformulasikan
hipotesa Planck.
3.
Memformulasikan
hukum pergeseran Wien dan hukum Stefan Boltzmann berdasarkan hipotesa Planck.
Materi
Pembelajaran:
1. Menfsirkan data benda hitam dalam diskusi kelas
2.
Merumuskan radiasi benda hitam (termasuk
pergeseran Wien ), postulat Planck and dualisme gelombang partikel cahaya dalam
diskusi kelas
3. Memaparkan hasil kajian literatur tentang perilaku
radiasi benda hitam yang berkaitandengan gejala pemanasan global
Model
pembelajaran:
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
Langkah-langkah
Pembelajaran:
a. Kegiatan
Awal
Motivasi
dan Prasayarat:
1. Jika suatu benda berwarna putih kena
cahaya benda tersebut akan …..
2. Jika suatu benda berwarna hitam kena
cahaya benda tersebut akan …..
b. Kegiatan
Inti
1. Guru
mendemonstrasikan sebuah benda
hitam.
2. Siswa mengamati dengan seksama.
3. Guru membimbing diskusi kelas menegnai informasi
tentang energi radiasi.
4. Dalam diskusi kelas siswa berkesempatan untuk
mengapresiasikan / mengajukan pendapatnya perihal informasi tentang energy
radiasi.
5. Guru membimbing diskusi kelas dalam merumuskan
radiasi benda hitam (termasuk pergeseran Wien ), postulat Planck and dualisme gelombang
partikel cahaya
6. Siswa bersikap aktif dalam diskusi.
7. Guru memberikan contoh soal pada setip perumusan yang
diperoleh.
c. Kegiatan Penutup
1.
Memeberi
pertanyaan diskusi
2.
Memberi soal
latihan
Sumber,
Bahan, dan Alat Belajar:
3. Sumber:
buku Fisika yang relevan
4. Bahan:
bahan presentasi dan hasil kerja siswa
5. Alat:
media presentasi
Penilaian:
1. Penilaian
keaktifan siswa.
2. Penilaian
pertanyaan diskusi.
3. Penilaian soal latihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar